Pengguna iPhone, BlackBerry, Gmail Jadi Target Mata-mata

Jakarta – Pendiri situs whistle blower WikiLeaks Julian Assange kembali melontarkan pernyataan mengejutkan. Kali ini, terkait para pengguna smartphone yang dikatakannya terancam jadi korban pengintaian massal.

Menurut Julian, hal ini sebagai imbas dari serangan teroris 9/11, sehingga mereka yang berkuasa jadi selalu waspada terhadap berbagai ancaman.

“Siapa yang memiliki iPhone? Siapa pengguna BlackBerry? Siapa yang menggunakan Gmail? Well, Anda semua kena,” tukasnya, ketika berbicara di City University of London.

“Faktanya adalah saat ini perusahaan intelijen telah menjual secara massal sistem pengintaian ke banyak negara di dunia.” ia menambahkan.

Peringatan ini pun muncul seiring dengan peluncuran situs Julian yang diberi nama proyek Spyfiles.

Dalam proyek itu, diungkap aktivitas sekitar 160 perusahaan di 25 negara yang mengembangkan teknologi untuk melacak dan memantau setiap individu dari ponsel, email, serta rekam jejak browser internetnya.

“Ini merupakan investigasi yang dalam dan menunjukkan bahwa fenomena ini bukanlah industri yang kecil sejak 10 tahun lalu,” jelas Julian.

“Kejadian 9/11 telah membuat negara-negara di Eropa, AS, Kanada, Afrika Selatan, dan lainnya untuk mengembangkan sistem mata-mata kepada kita semua,” pungkasnya, dikutip detikINET dari National Post, Sabtu (3/12/2011).

 

Sumber:  Detiknet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s